Akanikah.com | Biarkan Masa Lalu Hilang Bersama Waktu, Lakukan 7 Hal Ini dan Bersiaplah untuk Terus Maju

Blog post

 akanikah    30 Mar 2016 08:58    
Biarkan Masa Lalu Hilang Bersama Waktu, Lakukan 7 Hal Ini dan Bersiaplah untuk Terus Maju

Move on adalah frasa yang mudah sekali diucapkan oleh siapa saja yang berusaha menyemangatimu ketika putus cinta. Just move on and everything gonna be alright. Ya, kalau bisa move on memang segalanya akan baik-baik saja. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya dengan dengan baik. Apalagi kalau hubungan yang dijalani sudah cukup lama dan intens.

Bagi mereka atau mungkin kamu yang sudah terlanjur terjebak dengan hubungan masa lalu hingga rasanya susah hilang. Jangan khawatir. Lakukan hal-hal sederhana di bawah ini dengan konsisten. Niscaya dalam waktu yang singkat, kamu bisa memulai kehidupan dan cinta yang baru.

1. Katakan pada Dirimu Kalau Hubungan Itu Telah Berakhir dengan Sempurna

Salah satu masalah yang menyebabkan kamu susah sekali untuk bangkit dari keterpurukan adalah tidak rela dengan berakhirnya hubungan tersebut. Kalau kamu terus saja merasa hubungan itu bisa diperbaiki, sementara dia sudah bersama yang lain, rasa sakit akan kamu dapat setiap hari. Katakan pada dirimu dengan pelan-pelan. Ya, hubungan ini sudah selesai dan saatnya menghapus semua yang ada dan menjalani kehidupan yang baru.

2. Berusaha Membuang Semua Penyesalan yang Kamu Miliki

Yang menyebabkan kamu sudah sekali beranjak dari jurang keterpurukan adalah rasa penyesalan yang terlalu dalam. Kamu terlalu menyesal dengan akhir dari hubungan. Kamu terlalu menyesal karena sudah merencanakan banyak hal untuk masa depan. Mulai dari sekarang, cobalah untuk membuang rasa penyesalan yang ada. Tidak harus semua, cobalah menerima apa yang ada dan mulai berdamailah dengan dirimu sendiri.

3. Maafkan dan Cintai Dirimu Melebihi Apa pun di Dunia Ini

Apa pun kesalahan yang kamu lakukan hingga hubungan itu berakhir. Cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri. Sadari semua kesalahan yang ada dan mulailah untuk bergerak maju. Mulai dari sekarang, cobalah untuk mencintai dirimu sendiri. Mulailah untuk menghargai apa yang yang kamu lakukan melebihi apa pun di dunia ini. Jangan terus menyalahkan diri sendiri apa pun alasannya.

4. Tidak Masalah Kamu Mencintainya, Tapi Cobalah Cinta yang Baru

Obat sakit hati adalah jatuh cinta lagi, begitu rumus yang kerap dikatakan oleh banyak orang yang kerap mendapatkan kegagalan. Kamu bisa mencoba untuk mencari cinta yang baru tanpa tergesa-gesa. Biarkan waktu berjalan dan membuatmu mulai nyaman dengan orang yang kamu anggap tepat. Oh ya, kalau kamu masih merasa jatuh cinta dengan dia yang telah hilang, tidak masalah. Namun, biarkan cinta itu tertutup cinta baru yang lebih bisa membahagiakanmu.

5. Lakukan Perjalanan Kontemplasi yang Membuatmu Lebih Baik

Mereka yang menjalani hubungan ala kadarnya mungkin cepat move on. Namun, mereka yang sudah sampai mau menikah lalu pisah begitu saja akan meninggalkan luka yang cukup dalam. Kalau kamu juga mengalami kejadian yang nyaris serupa lakukan perjalanan kontemplasi. Minta cuti dari kantor barang 1-2 hari saja. Nikmati perjalanan wisatamu dengan baik sembari berpikir untuk lebih mencintai diri sendiri.

6. Ingat, Kamu Tidak Sendiri Meski Hal Buruk Banyak Terjadi

Singkat saja, kamu tidak sendiri setelah segala hal buruk menimpamu. Ingat, masih ada orang tua yang akan selalu menjaga, masih ada saudara yang mencintaimu tanpa pamrih, dan masih ada sahabat yang mau memeluk saat kamu jauh lebih dalam. Habiskan waktu dengan mereka agar kehidupanmu kembali menjadi baik.

7. Buang Semua Trauma dan Jalani Kehidupan yang Baru

Buang semua trauma yang ada. Cintai dirimu lebih besar dan jalani kehidupan yang baru. Lakukan hal ini mulai dari sekarang. Jangan tunda, jangan banyak berpikir, dan jangan menoleh ke belakang. Kamu berhak mendapatkan kehidupan yang baru.

Jangan pernah menyerah. Hidupmu terlalu indah untuk sekadar menangis dan merutuki nasib. Mari jalani hidup yang lebih baik dengan (mungkin) cinta yang baru.

885  Pembaca  |