5 Tips Agar Kehidupan rumah Tangga Harmonis

Rumah tangga yang harmonis adalah idaman setiap pasangan. Hubungan harmonis yang terjalin akan menjadikan kehidupan pernikahan bahagia dan menyenangkan. Menyatukan dua orang dengan karakter dan sifat yang berbeda bukanlah hal yang mudah karena itu terkadang beragam masalah bisa muncul karena perbedaan tersebut namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa diselesaikan karena itu masing-masing pasangan harus mengerti dan memahami hal-hal yang membuat rumah tangga harmonis. Berikut tips agak rumah tangga harmonis :

 

1.  Komunikasi

Tips pertama membangun hubungan harmonis adalah Komunikasi karena komunikasi adalah hal yang sangat penting. Seringkali masalah terjadi karena komunikasi yang kurang baik. Kesibukan terkadang menjadi alasan komunikasi berkurang padahal di era sekarang ini dengan hadirnya alat komunikasi seperti smartphone lebih memudahkan dalam komunikasi. Hal sederhana yang bisa dilakukan seperti saling menanyakan kabar disela kesibukan atau sepulang kerja seperti bertanya 'Bagaimana harinya?' Pertanyaan-pertanyaan seperti ini terkesan biasa tapi bisa berdampak sangat baik dalam hubungan.

 

2. Menghabiskan waktu Bersama / Quality Time

Quality time adalah hal yang sangat penting agar hubungan rumah tangga tetap harmonis terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas masing-masing. Luangkan waktu untuk berkumpul bersama pasangan seperti menyempatkan waktu mengobrol sepulang kerja, merencanakan waktu makan malam bersama atau jalan-jalan ketika weekend.

 

3. Mendahulukan/Menomorsatukan Keluarga

Setelah menikah keluarga adalah prioritas utama. Kesibukan pekerjaan terkadang membuat pasangan melupakan waktu-waktu penting bersama keluarga, waktu  berdua bersama pasangan (istri), waktu bersama anak-anak dan keluarga. Jika hal tersebut terjadi bisa menjadi pemicu renggangnya hubungan rumah tangga sehingga harus segera melakukan perbaikan dengan mulai peduli dengan keluarga. Tanamkan pada pikiran bahwa keluarga adalah prioritas utama yang kita perjuangkan selama ini karena dengan begitu pasangan akan sangat menghargainya.

 

4. Saling Terbuka Antar Pasangan

Saling terbuka adalah kunci utama keharmonisan sebuah keluarga. Banyak hal terjadi yang membuat hubungan tidak harmonis ketika pasangan tidak bisa saling terbuka satu sama lain karena itu saling terbukalah dan komunikasikan semua hal secara bersama agar tercipta hubungan yang harmonis meski terkadang hal tersebut bukan hal yang baik, namun dengan saling terbuka maka ini juga bisa membuat komunikasi semakin baik.

 

5. Membangun Sifat Saling Percaya Antar Pasangan

Hal mendasar dalam sebuah hubungan adalah kepercayaan baik itu dalam hubungan sebuah pekerjaan, pertemanan hingga dalam hubungan cinta. Membangun sifat saling percaya antar pasangan memang tidak mudah dan pada awalnya berat dan sulit namun meski begitu harus berusaha karena dengan sifat saling percaya maka tidak akan ada lagi masalah yang muncul seperti saling mencurigai satu sama lain apalagi memfitnah. Sifat saling percaya yang tumbuh akan membangun rasa tanggungjawab antar pasangan suami dan istri karena telah diberi kepercayaan sepenuhnya. Maka dari itu sewajibnya kepercayaan yang telah diberikan akan tetap dijaga agar terciptanya hubungan rumah tangga yang harmonis.

 

Itulah beberapa tips membangun hubungan rumah tangga yang harmonis. Rumah tangga yang harmonis akan menghadirkan suasana keluarga yang bahagia. Meski membangun rumah tangga bukanlah hal yang mudah dan pasti akan ada masalah kecil ataupun besar namun dengan beberapa tips diatas maka pasti akan ada jalan keluar dalam penyelesaiannya. Semoga tips tersebut bermanfaat.