Bridesmaid Pernikahan, Penting Nggak Sih Sebenarnya?

Hallo guys! Kalian pasti setuju kalau menjadi bridesmaid merupakan pekerjaan yang asyik dan menyenangkan. Sebagai pengiring pengantin tentunya akan menjadi sebuah kehormatan dan kesempatan untuk membuat kenangan bersama dengan sahabat atau orang-orang terdekat kita. Jadi apabila kalian terpilih menjadi bridesmaid, kalian merupakan salah satu orang yang beruntung.

Perlu diketahui bahwa bridesmaid berbeda dengan pagar ayu. Bridesmaid biasanya diperagakan oleh seorang wanita muda yang sudah cukup umur. Pengiring pengantin ini merupakan seseorang yang diinginkan oleh pengantin wanita untuk menjadi bagian dari pernikahannya. Mereka adalah orang-orang yang dekat dengan pengantin wanita, dan biasanya turut serta sibuk untuk mempersiapkan pernikahan.

Tugas dari bridesmaid sangat bervariasi, tergantung dengan seberapa besar dan banyak yang dibutuhkan oleh pengantin wanita dalam pernikahannya. Bagian terpentingnya yaitu, bridesmaid sebaiknya harus bisa meredakan rasa gugup pada calon pengantin.

 

Berikut ini adalah tugas-tugas dari bridesmaid yang harus kalian tahu. Yuk simak!

 

1. Mengurus Bridal Shower

Meskipun tidak banyak calon pengantin yang mengadakan acara ini, namun terkadang ada bridesmaid yang mengatur acara bridal shower ini, lho. Bridal shower merupakan sebuah selebrasi untuk merayakan lepas lajang dari calon pengantin sebelum hari pernikahannya. Biasanya para bridesmaid mempersiapkannya di salah satu tempat seperti kafe atau tempat liburan lainnya untuk mengadakan acara perpisahan calon pengantin sebagai single woman.

 

2. Menjadi Teman Curhat

Menjelang hari pernikahan pastinya calon pengantin akan mendapat sebuah problem yang harus dilewatinya. Disinilah peran bridesmaid sangat dibutuhkan, para bridesmaid akan hadir untuk mendengarkan keluh kesah atau berbagai masalah yang tengah dihadapi oleh calon pengantin menjelang acara besarnya tersebut. Sebagai bridesmaid kalian harus menjadi pendengan yang baik ya.

 

3. Membantu Segala Persiapan Pernikahan

Menjadi seorang bridesmaid nggak mudah lho teman-teman. Kalian harus siapa siaga apabila calon pengantin membutuhkan bantuan baik itu sebelum hari H atau pada saat acara berlangsung. Banyak sekali hal yang bisa kalian bantu, seperti fitting baju, mencari jasa make up, membeli keperluan sepatu, dan kebutuhan yang lainnya.

 

4. Menjadi Penerima Tamu

Para bridesmaid juga bertugas untuk menerima tamu undangan di acara pernikahan. Selain itu juga akan mengiring pengantin berjalan menuju altar pernikahan.

 

5. Menjaga Barang-barang Pengantin

Ketika hari H datang pastinya pengantin akan merasa kewalahan terutama pada barang-barang mereka. Nah, tugas bridesmaid yaitu menjaga barang milik sang pengantin seperti handphone, dompet, dan yang lainnya.

 

6. Membantu Menyiapkan Makan Pengantin

Saat acara tiba pengantin mungkin akan lupa dengan waktu makan, karena mereka sibuk bertemu dengan banyaknya tamu yang datang. Maka dari itu bridesmaid harus memastikan dia sudah makan sebelum acara pernikahan berlangsung. Atau jika pengantin kesulitan untuk makan, kalian bisa membantunya dengan cara menyiapkan makannya dan menyuapinya.

Ada beberapa hal lainnya yang harus kalian lakukan saat menjadi bridesmaid dalam acara pernikahan sahabat. Yaitu kalian seharusnya sebelum acara pernikahan dimulai harus datang dengan tepat waktu, bersiap-siaplah dengan pakaian, sepatu, dan aksesoris sebaik mungkin, jaga pengantin agar tetap tenang dan bahagia, jangan lupa untuk selalu berbaur dengan para tamu undangan, dan menarilah dengan sepenuh hati agar pasangan pengantin bahagia.

Nah untuk penting atau tidaknya bridesmaid dalam acara pernikahan jawabannya bisa iya atau tidak. Itu semua dikembalikan lagi dengan keputusan sang pengantin itu sendiri. ada beberapa pengantin yang menghadirkan bridesmaid namun ada juga yang tidak, namun orang-orang terdekat mereka tetap hadir untuk menyaksikan dan mendampingi orang yang disayanginya.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian!