Hendak Menikah Tapi Tiba-Tiba Merasa Ragu? Mungkin Hal Dibawah Ini Adalah Pemicunya

Menikah adalah sebuah pilihan ketika seseorang telah merasa siap dan telah menemukan seseorang yang dicintai kemudian memutuskan untuk menikah. Dalam pernikahan, proses penyelenggaraannya bukanlah hal yang mudah, ada banyak waktu dan juga energi yang dibutuhkan. Tetapi bagaimana ketika persiapan telah siap dan kemudian muncul keraguan? Coba direnungkan dulu mungkin poin-poin dibawah ini bisa menjadi penyebabnya :

 

1. Berada di Zona Nyaman

Kamu merasa masih nyaman dengan kehidupanmu yang sekarang dan belum siap mengambil tanggung jawab lebih ke fase kehidupan selanjutnya. Merasa bahwa kehidupan yang kamu jalani sekarang adalah yang terbaik dari hidupmu, tidak ada tanggung jawab lebih, merasa bebas menghabiskan waktumu untuk kesenangan diri sendiri, uang yang dihasilkan/diddapatkan bisa digunakan untuk apapun sesukamu. Hal ini bisa jadi pemicu keraguanmu untuk menikah.

 

2. Ada banyak hal yang masih ingin dikejar

Terkadang ada banyak target dalam hidup yang kita miliki namun belum bisa terealisasikan. Misal jenjang karier dalam pekerjaan atau banyak hal lain yang ingin kamu coba sehingga membuatmu takut bahwa jika menikah akan menghambat semua hal tersebut dengan tanggungjawab baru dalam pernikahan.

 

3. Hal lain yang buat ragu dan takut

Mungkin sebenarnya tanpa disadari ada begitu banyak hal yang membuatmu ragu untuk menikah. Mungkin persoalan pernikahan orang terdekat atau orang disekitarmu seperti perceraian, perselingkuhan, kdrt yang membuatmu takut akan mengalami hal yang sama bisa jadi penyebab kamu ragu atau takut untuk menikah.

 

4.  Beban Tanggungjawab

Setelah menikah tanggungjawab tentu saja akan bertambah bukan hanya tanggungjawab pada diri sendiri tapi juga pada pasangan dan anak ketika kelak memiliki keturunan. Kekhawatiran tidak bisa bertanggung jawab setelah menikah bisa menjadi pemicu keraguanmu karena takut merasa tidak bisa menjadi pasangan dan orang tua yang baik.

 

5. Belum yakin dengan pasangan

Mungkin hal ini bisa jadi pemicu selanjutnya kamu tiba-tiba ragu untuk menikah. Coba renungkan apakah dia adalah orang tepat? Siapkah menghabiskan hidupmu dengannya? Jika masih ada hal yang membuatmu ragu, coba komunikasikan dengan pasanganmu, mungkin saja dia juga merasakan hal yang sama namun sudah menemukan jawaban dari pertanyaannya sehingga keraguaannya hilang.

 

6. Menikah karena Gengsi

Renungkan kembali apa alasan utama untuk menikah. Apakah karena memang benar sudah menemukan pasangan yang tepat dan ingin sama-sama menjalani rumah tangga dengannya ? Atau justru karena desakan orang tuamu dan juga karena sudah banyak teman seusiamu yang sudah menikah? jika ya maka berarti memang kamu belum siap untuk menikah.

Bagaimana sudah tahu alasan kamu ragu? Sekarang coba renungkan kembali untuk memantapkan hatimu agar kelak pernikahan yang kamu jalani adalah pernikahan impian yang bahagia.