Tidak Harus Mahal, 5 Tips Cara Menghemat Budget Pesta Pernikahan Anda

       Dalam merancang acara pernikahan kerap kali yang sangat menyita waktu adalah merancang biaya pernikahan yang akan dikeluarkan, pasalnya biaya untuk acara pernikahan tidaklah murah. Untuk acara  pernikahan yang biasa saja bisa menghabiskan biaya sampai  ratusan juta apalagi acara pernikahan yang  mewah.

       

        Meski tidak mudah akan tetapi kita tetap bisa mengupayakan acara pernikahan yang sesuai dengan keinginan kita dengan melakukan beberapa penghematan dengan berbagai cara dan usaha, untuk memangkas beberapa pengeluaran saat melangsungkan acara pernikahan ada beberapa tips yang bisa digunakan, berikut 5 tips cara menghemat budget pesta pernikahan anda.

 

1. Hindari Penggunaan Banyak Vendor 

        Menggunakan banyak vendor memang sangat membantu kita dalam menyusun acara pernikahan kita, tapi itu akan menambah budget pernikahan kita alangkah baiknya apabila kita memang mempunyai waktu luang bisa menghidari penggunaan jasa vendor secara berlebihan, apalagi untuk beberapa hal yang masih bisa kita kerjakan sendiri.

 

        Mengurus keperluan pernikahan sendiri selain lebih menghemat biaya biasanya kita akan merasa lebih puas lantara melihat langsung dan lebih mengetahui berbagai detail yang dipilih. Contohnya anda dan pasangan bisa memilih sendiri tempat yang sesuai dengan keinginan dan konsep acara, serta memilih makanan yang lezat dan sesuai budget anda.

 

2. Gunakan Bantuan Saudara

        Tentunya dalam mengurus acara pernikahan kita tidak bisa melakukannya sendiri, dari pada kita mengeluarkan budget untuk menyewa vendor atau talent yang pastinya akan menambah beban biaya acara pernikahan kita bantuan saudara dan kerabat bisa menjadi salah solusi yang sangat berguna dalam membantu merancang dan mengisi acara pernikahan kita. Kita  bisa meminta bantuan Saudara dan kerabat kita untuk menyusu acara, melakukan dekorasi kecil kecilan hingga membantu dalam susunan acara seperti MC dan pendamping pengantin. Tentunya semua itu akan sangat membantu dalam memangkas angaran pernikahan kita nantinya

  

3. Gunakan Undagan Cetak Seperlunya

        Undangan pernikahan merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dalam acara pernikahan kita, undangan cetak walaupun tidak bisa dihilangkan begitu saja karena mungkin masih di butuhkan untuk kalangan tertentu dalam keluarga, namun untuk kaum milenial sekarang ini undagan sudah bisa di berikan dalam bentuk digital.

 

        Dengan menggunakan undangan digital anda tidak perlu lagi harus mencetak banyak undangan dan mengantarnya langsung ke tamu undangan anda, anda hanya perlu membuat dalam bentu digital dan  mengirim via media social atau pesan digital, tentunya hal seperti itu akan mengurangi budget anda, akanikah.com sebagai penyedia undangan digital gratis bisa menjadi opsi penyedia yang bisa anda gunakan.

 

4. Akad nikah dan resepsi dijadikan satu hari

       Saat merancang susunan acara pernikahan sebaiknya di buat dalam waktu sehari saja misalnya menyatukan akad nikah dan resepsi jadi satu hari, dengan opsi seperti ini kita bisa memangkas biaya sewa gedung dan dekorasi menjadi lebih murah. Anda bisa merancang acara akad nikah dan resepsi dengan jam yang berurutan, bisa juga merancang acara akad nikah di pagi hari dan acara resepsi di sian atau malam hari. Tentunya dengan menyatukan hari kedua acara ini akan menghemat biaya anda baik dari segi venue maupun konsumsi yang digunakan

 

5. Pilih dekorasi  minimalis

       Dekorasi pada acara pernikahan adalah hal yang lumayan menghabiskan budget apabila kita menginginkan rancangan dekorasi yang mewah, opsi dekorasi minimalis bisa jadi salah satu opsi untuk menghemat budget, seperti garden party atau apabila tidak ingin ribet menambah budget untuk dekorasi usahakan menggunakan gedung pernikahan yang sudah include dengan dekorasi acara pengantinnya sehingga tidak ada lagi tambahan budget untuk dekorasi tentunya hal ini akan memangkas biaya anda

 

       Sebenrany masih banyak hal lagi yang bisa kita gunakan untuk memangkas biaya pernikahan anda, tentunya dengan sedikit meluangkan waktu merancang biaya pernikahan anda kita akan bisa merancang konsep acara pernikaha sesuai dengan keinginan kita dengan budget yang minim. Terima kasih